Bunuh Diri ? Weh weh weh

Posted by Unknown in , ,

Bunuh Diri - Dari jaman dulu sampe jaman sekarang ini sob , kasus bunuh diri masih terus aja ada dan ternyata peminat gaya hidup bunuh diri gak ada matinya . Wah kenapa yak orang bisa bunuh diri ?

Meskipun para pelaku bunuh diri tau kali di agama itu dilarang bunuh diri , dan rata rata pelaku bunuh diri adalah umat beragama , tapi tetep aja bunuh diri juga . Kenapa bisa begitu ?
Nah ini nih , buat lu yang suka banget galau , ati ati jangan sampe akut parah galaunya karena bisa bisa endingnya bunuh diri . Korban dan pelaku bunuh diri . Eh bentar deh , yang bunuh diri itu lebih ccok disebut korban ato pelaku yak ? Lah korban aja deh .

Kenapa orang bisa bunuh diri ?
Ada beberapa sebab orang bisa mutusin buat bunuh diri , dan dibawah ini gue bakal jabarin satu persatu yang bisa jadi sebab orang bunuh diri .

Keluarga
Biasanya orang bunuh diri karena dapet masalah yang begitu gede dan dianya gak sanggup buat ngelarin tu masalah , dan parahnya lagi gak ada keluarga , dalam artian keluarga kek gak pernah mau ngerti apa yang lagi terjadi sama si korban bunuh diri ini . Biasanya juga nih , orang yang mutusin buat bunuh diri adalah berasal dari keluarga yang kurang harmonis , ditambah lagi masalah yang menimpa dirinya yang bikin mumet . Nah kalo gitu buat keluarga nih , coba deh jangan pada jalan sendiri sendiri , mumpung masih nugmpul kan , kenapa coba gak solid aja sering ngobrol sering sharing sharing , cerita yang asik . Kehangatan keluarga itu beneran berpengaruh banget loh buat pertumbuhan masing masing dari anggota keluarga . Ini juga nyangkut ke pola pikir masing masing anggota keluarga . Dengan sikap yang hangat di keluarga bisa ngademin pikiran , bisa lebih ngontrol diri dan bisa jadi tempat bersandar dari masalah .

Cinta
Banyak banget kasus bunuh diri yang didasari kasus percintaan atau asmara . Dan biasanya korbannya adalah para remaja , dalem kasus ini keknya banyakan si cewek yang milih buat ngakhirin hidupnya . Dan ini tentu masih ada kaitannya sama keluarga . Kalo aja keluarga , ya minimal orang tua lah yang perhatian dan selalu deket dengan anak anaknya mungkin kejadian bunuh diri ini gak bakal kejadian . Biasanya orang mutusin bunuh diri karena gak ada lagi orang yang dianggep bisa dijadiin sandaran bagi diri dan masalahnya . So , buat orang tua yang punya anak gadis , mungkin keknya lebih hati hati aja buat ngebimbing dan selalu ngawasin anak ceweknya . Jangan terlalu dibiarin bebas nentuin jalan idupnya sendiri , apalagi jalan matinya .

Sosial
Ada juga orang yang akhirnya mutusin buat bunuh diri karena lingkungan sosial gak ada yang berpihak sama dia . Dengan keadaan kek gitu pasti orang gak bakal tenang lah , dan pasti bakal tertekan abis . Kek ngerasa kalo apa yang dilakuinnya gak pernah bener apalagi dapet nilai dimata orang lain . Dan karena saking stressnya akhirnya mutusin buat bunuh diri dan bales dendam sama orang orang sekelilingnya itu kalo udah jadi hantu . Haha kek di sinetron misteri saja .

Pekerjaan
Ini masih ada kaitannya sama sosial tadi , kalo lingkungan kerja udah kek gak mendukung si orang tersebut pasti lah orang bakal stress dan tertekan , dan parahnya bisa langsung mutusin buat bunuh diri . Waduh kalo udah kek gitu siapa yang bertanggung jawab coba ? Apalagi kalo matinya di kantor ... hiiii serem dah tuh pasti ruangannya .

Ekonomi
Ini nih yang katanya paling miris . Banyak loh orang yang akhirnya nyerah karena gak bisa nyukupin kebutuhan ekonomi . nah kalo udah kek gini siapa yang bakal disalahin ? Pemerintah ? yah cuma itu yang ada biasanya .

Tanda Tanda Bunuh Diri
Sebenrnya sih perilaku bunuh diri itu tergantung dari pola pikir orang yang ngejalanin juga , dan itu yang paling utama . Sekuat apapun tekanan dari luar kalo dianya bisa ngadepin dan ngelarin sih keknya gak bakal ada tuh yang namanya bunuh diri . Tapi kalo orang itu mentalnya lemah dan gmapang banget kalut ya bahaya . Puyeng dikit pengen mati , mumet dikit pengen terjun dari lantai 9 aduuh . Jangan deh . Nah disini peranan pola pikir pribadi sangatlah penting sob , biar lu gak jadi pelaku sekaligus tersangka pembunuhan yang korbannya adalah diri lu sendiri .

Nah disini lu juga musti ngenalin tanda tandan dari orang yang mau bunuh diri .
Biasanya orang yang mau bunuh diri adalah orang yang udah mampet banget dan buntu buat ngelarin masalah . Masalah yang diadepin tuh kompleks banget mulai dari keluarga , rumah tangga yang berantakan , status sosial , Ekonomi , penyakit dan juga gangguan jiwa . Biasanya orang yang pengen bunuh diri sering banget ngomongin soal beban idup , masalah dan juga soal bosen idup . gak punya semangat dan selalunya bermuka muram . Iya , itu tuh sikap orang orang yang lagi depresi dan ngerasa gak kuat buat ngejalanin idup . Dan kalo ternyata lu juga ngerasain hal itu , buru buru deh konsultasi ko siapa aja yang lu percaya . Kek misalnya kakak , orang tua , sodara yang lu percaya , ato sahabat lu .

Pikiran negatif nih sob kalo di biarin bisa jadi kanker loh . Nah kalo lu udah ngerasa bahwa lu tuh udah gak kuat sama masalah lu , lu bosen idup dan ngerasa pengen mati , mending lu cepet cepet cerita , jangan lu umpetin masalah lu sendirian . Bahaya .

Dan kalo ternyata temen lu yang kek gitu , mending buru buru lu kasih bantuan ke dia . Jadi pendengar yang baik aja sebenernya udah cukup ngebantu ngurangin beban pikiran dia . Dan kalo temen lu gak mau cerita juga , lu paksa dengan cara yang baik . Pokoknya jangan sampe dia nyimpen masalah itu sendiri .


Nah ini tips aja buat kita semua , kalo punya masalah jangan di simpen sendiri . Buat apa punya temen , pacar kalo gak kita manfaatin buat jadi media sharing ... Ibarat gini nih sob . Air segelas itu enteng kalo kita angkat , iya kan ? Tapi gimana kalo kita angkat gelas itu sejam , sehari , apa masih enteng ? Pasti bakal berat dan kita capek . Ya gitulah masalah . Kalo masalah kita diemin , kita pikul sendiri yang tadinya enteng bakal jadi berat dan menjadi beban kehidupan yang berat banget . Dan itu gaya hidup orang orang yang akhirnya mutusin buat bunuh diri karena udah gak kuat lagi nahan beratnya beban kehidupan .

So , jangan bunuh diri yah ... kalo ada masalah , bagi bagiin aja ke yang laen , biar entengan . Kita kan diakarin buat jadi orang baik nan pemurah , jadi apa aja yang kita punya itumusti dibagi . Rejeki dibagi , masalah juga musti dibagi .... Gitu kan enak .

Keknya kalo orang bisa kek gitu , gak ada lagi kasus bunuh diri yang mengerikan itu . Dan moga aja emang udah gak ada lagi ato minimal berkurang lah .

Galaunesia

Galaunesia adalah tempat berbagi Informasi menarik seputar Tips Dan Gaya Hidup. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi manfaat untuk kita semua . Hubungi Contact untuk menyampaikan pendapat secara pribadi atau kunjungi blog untuk melihat semua kategori.

0 comments: